Cara Mengatasi Susah Belajar

downloadBelajar adalah hal yang paling penting dan utama bagi semua golongan pelajar. Menurut Winkel, yaitu salah seorang ahli mengatakan bahwa, belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman. Untuk itu, belajar sangalah penting, karena dengan belajar kita akhirnya tahu apa yang kita pelajari dari pengalaman kita selama hidup, atau dari buku pelajaran yang biasa dipelajari. Jadi, tidak heran kalau prestasi seseorang diukur dengan bagaimana dia belajar. Sekali lagi, belajar merupakan hal yang paling penting bagi semua golongan pelajar sebelum dia menghadapi ujian atau ulangan.

Tetapi masih ada sebagian murid, atau pelajar yang susah sekali untuk belajar, bahkan dia tidak mau belajar karena berpikir bahwa, kegiatan tersebut sangat membosankan dan tidak bermanfaat sama sekali untuknya. Pendapat tersebut benar-benar salah, dengan belajar pasti kita akan mendapatkan tambahan informasi, pengetahuan, atau pengalaman, dari buku pelajaran yang kita pelajari.

Nah, kali ini saya akan membagi sedikit tentang pengalaman belajar saya, yaitu tentang cara mengatasi susah belajar. Kita susah belajar? Bagaimana kita akan mendapat nilai yang bangus kalau malas belajar? Mungkin hanya dalam mimpi, kita bisa mendapatkan nilai yang bagus. Tetapi jangan belajar terus tanpa henti, pastikan ada sela untuk istirahat, entah itu 30 menit atau cuma 5 menit. Yang penting ada waktu istirahat untuk mengembalikan pikiran kita yang jenuh saat belajar.

Oke, gak perlu basa basi lagi, saya akan menuliskan bagaimana cara untuk mengatasi susah belajar, dan mungkin dapat membantu kita untuk belajar lebih rajin lagi. Cara-caranya adalah sebagai berikut :

1.    Pastikan kita mempunyai niat untuk belajar. Hal ini sangat penting sekali, karena dapat menentukan keberhaasilan kita dalam belajar. Jangan sampai kita sudah belajar semalam suntuk, tapi tidak mendapatkan apa-apa karena tidak  ada niat untuk belajar, jangan sampai hal itu terjadi pada diri kita!

2.   Jadikan belajar sebagai kegiatan rutinitas kita dan jadikan Jadi  pasti kita akan susah untuk meninggalkan kegiatan belajar tersebut. Karena sudah menjadi kebiasaan kita.

3.    Kita harus mempunyai rasa iri terhadap mereka yang rajin sekali belajar. Dengan begitu kita akan terpacu untuk belajar seperti teman kita tadi.

4.    Usahakan pada saat belajar kondisi tubuh dan pikiran kita dalam keaadan fresh. Karena jika tubuh dan pikiran masih fresh, tidak akan ada rasa malas yang memerangi kita untuk belajar.

5.    Belajar dapat dibarengi dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan diri, seperti mendengarkan musik atau hal-hal lain yang kita suka. Karena hal tersebut dapat menghilangkan rasa jenuh pada saat belajar.

Dan yang paling penting dari semua itu adalah, bagaimana kita menjadikan kegiatan belajar itu menjadi suatu hal yang menyeanangkan, dan sangat penting dalam kehidupan kita. Serta kita juga harus dapat memposisikan tubuh kita pada saat belajar, maksutnya, jika kita belajar pada saat tubuh sedang sakit, kita tidak boleh memaksakan tubuh kita untuk belajar dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena hal tersebuat hanya akan merugikan diri sendiri dan apa yang kita pelajari tidak akan kita pahami sepenuhnya.

Nah, mungkin hanya itu yang dapat saya tulis, tolong dikomen tentang baik atau buruknya artikel diatas. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian, dan terimakasih karena sudah membaca. (Riyan Riski R-Kelas 8D)